Pengertian Java Serta Kelebihan dan Kekurangannya Sebagai Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Pengertian Java Serta Kelebihan dan Kekurangannya Sebagai Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Ada banyak sekali perangkat elektronik seperti contoh ponsel dan laptop yang menggunakan bahasa pemrograman Java dalam proses pembuatannya. Bahasa Java digunakan karena strukturnya lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman yang lain. Hal tersebut membuat banyak developer lebih memilih Java. Untuk lebih memahami, simak pengertian Java dan pendefinisiannya dibawah.

Memahami Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada object, seuah program java tersusun dari sebuah bagian yang bisa disebut dengan Class. Class sendiri terdiri dari metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.

Bahasa pemrograman Java dapat membuat berbagai bentuk aplikasi yang tidak hanya dapat digunakan di laptop dan web. Aplikasi yang dibuat pun berbentuk mobile atau lainnya. Hal tersebut karena bahasa Java bersifat tidak spesifik. Bahasa C++ dengan Java memiliki kesamaan yaitu orientasi kedua bahasa tersebut. Java juga berorientasi pada objek (OOP).

Selain C++, bahasa Java merupakan salah satu bahasa pemrograman upper class yaitu bahasa pemrograman yang membutuhkan pendefinisian lebih lanjut. Sama seperti C++, bahasa Java berorientasi obyek dengan struktur Class bertingkat. Class dalam Java mengandung beberapa penyelesaian dalam suatu masalah dan memberikan hasil proses penyelesaiannya.

Class dalam bahasa Java, banyak diambil dari sebuah pustaka online yang dikenal sebagai Java Application Programming Interface (API). Kelompok Class yang telah kita buat disebut sebagai satu paket. Sehingga, untuk memahami Java, kita harus mengerti 2 hal yaitu cara menggunakan Class dalam pustaka Class di Java API dan bahasa Java.

Java dan OOP, Korelasinya Apa?

OOP atau Object Orientation Programming adalah pengelompokan program dalam bentuk satu paket komponen yang disebut sebagai objek. Kumpulan komponen ini memiliki aturan-aturannya tersendiri, baik cara berkomunikasi dengan objek lain, hingga memerintah objek lain. Dalam bahasa Java, penyelesaian objek dalam Class memiliki dua fungsi yaitu sebagai modul dan tipe.

Jika sebuah Class berbentuk tipe, maka program yang menggunakan bahasa Java akan menciptakan objek yang lebih instan. Hal ini juga berlaku pada Class. Dalam bahasa Java, sebuah Class dapat memiliki pola penyelesaian masalah seperti Class lainnya. Namun, Java tidak mengijinkan penyelesaian masalah yang sama secara masal atau jamak.

Orientasi Java adalah objek, membuat para pembuat Java memiliki slogan “Write Run, Run Anywhere”. Slogan ini bermakna bahwa program yang ditulis menggunakan bahasa Java dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi. Selain itu, bahasa Java bersifat open source sehingga Kalian dapat dengan mudah mencari sintaks dalam forum-forum atau penyedia sintaks Java.

Struktur Bahasa Java

Dalam bahasa pemrograman Java, terdapat struktur dan kaidah penulisan sintaks atau perintah yang berbeda dari yang lainnya. Untuk menggunakan bahasa Java, Kalian harus memahami Deklarasi Package, Impor Library, bagian Class, dan Method Main. Keempat hal tersebut berpengaruh satu sama lainnya dalam bahasa Java.

Deklarasi Package dalam bahasa pemrograman Java merupakan satu kumpulan program yang berbasis bahasa pemrograman Java. Deklarasi Package digunakan untuk membuat sebuah program yang besar dan terdiri dari banyak program kecil. Biasanya, penamaan Deklarasi Package mengikuti nama domain. Deklarasi Package memberikan kemudahan dalam membuat program yang panjang.

Impor Library adalah satu fitur yang harus kita pahami dalam bahasa pemrograman Java. Dikarenakan bahasa Java merupakan open source, maka terdapat banyak sintaks yang sudah dibuat dan dibagikan ke internet. Kalian dapat menggunakan salah satunya dengan cara import library. Sehingga kita tidak perlu menuliskan bahasa Java dari nol.

Bagian Class dalam java menggunakan pemahaman OOP. Sehingga, semua metode penyelesaian dalam sebuah objek, akan dilakukan secara teratur dan berfokus pada kondisi si objek. Biasanya untuk memulai sebuah blok class dalam java, dimulai dengan tanda { dan ditutup dengan tanda }. Di dalam kedua simbol ini, kita dapat menuliskan metode atau fungsi-fungsi.

Method Main biasanya dituliskan dalam bentuk main(). Bentuk ini adalah fungsi pertama yang akan dijalankan oleh sebuah program dikarenakan fungsi tersebut merupakan fungsi entri point. Jika kita tidak menuliskan fungsi tersebut, program yang telah kita buat tidak dapat dijalankan. Parameter main() adalah args{} yang di dalamnya terdapat nilai dari sebuah argumen dalam command line.

Java dengan Segala Kelebihan dan Kekurangan

Dalam membuat sebuah aplikasi menggunakan bahasa Java, Kalian harus memahami beberapa fungsi Java untuk memperkuat alasan kalian dalam menggunakan bahasa program Java. Mulai dari pengertian Java hingga integritas Java dengan aplikasi lainnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Kalian ketahui mengenai Java.

Kelebihan Java

1. Hanya Fokus pada Objek

Java berfokus pada objek, sehingga setiap objek dapat berkomunikasi satu sama lain untuk mendapatkan data yang diinginkan. Setiap objek dapat saling memerintah atau meminta data yang diperlukan dari objek lainnya dalam bahasa Java.

2. Dapat Dipakai pada Sistem Operasi Manapun

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Java menjadi bahasa pemrograman yang dapat digunakan dan dijalankan pada berbagai sistem operasi. Hal tersebut dapat memudahkan Kalian untuk melakukan perubahan pada koding java di manapun.

3. Menggunakan Sistem Exception-Handling

Salah satu keunikan pada bahasa Java adalah adanya pemisahan antara bagian kesalahan dengan bagian normal. Umumnya struktur kode dalam bahasa pemrograman bercampur menjadi satu, antara kode yang salah dan benar. Pada java, Kalian akan mendapatkan exception pada kode yang salah sehingga struktur program menjadi lebih bersih.

4. Mendukung Native Method

Selain Exception-Handling, Java juga mendukung Native Method. Kalian dapat menuliskan fungsi di bahasa lain untuk diterapkan dalam bahasa pemrograman Java. Sehingga, seorang programmer dapat menuliskan berbagai fungsi lebih cepat karena tidak kebingungan fungsi apa yang cocok dan bisa digunakan dalam bahasa pemrograman Java.

5. Memiliki Garbage Collector

Kelemahan dalam bahasa program lain adalah tidak adanya Garbage Collector. Fitur ini dapat mengumpulkan sampah program menjadi satu secara otomatis, sehingga Kalian dapat dengan mudah mengetahui lokasi dan tata letak sebuah memori yang rusak atau dibuang. Program ini tidak terbebani dengan cache atau program yang telah rusak.

6. Daftar Pustaka Class yang Lengkap

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source, maka Kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan sintaks yang telah dibuat oleh berbagai developer dunia. Kalian dapat bertanya melalui forum-forum untuk mendapatkan sintaks yang dapat menyelesaikan permasalahan Kalian.

Kekurangan Java

Meskipun telah memiliki banyak kelebihan, ternyata bahasa Java juga memiliki sejumlah kekurangan diantaranya adalah:

1. Sangat mudah untuk didekompilasi

Pencurian atau pembajakan sebuah soure code memang sering terjadi, bahasa pemrograman java bisa dibilang paling sering dan mudah untuk dibajak,  hal ini terjadi karena Java adalah program open source di mana kalian dapat mengambil sintaks orang lain secara bebas tanpa terbebani oleh biaya. Sehingga, source code Java yang kalian miliki dapat juga dimiliki oleh orang lain.

2. Penggunaan memori yang tinggi

Bahasa pemrograman java memang memiliki segudang fitur, seperti menyusun script ataupun fitur object oriented programming yang menjadi kelebihan java. Kelebihan fitur tersebutlah yang membuat bahasa pemrograman java ini memerlukan resource memori yang cukup tinggi, alasannya adalah untuk dapat menjalankan fitur dengan baik dan optimal.

Di balik semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahasa Java. Kalian harus memahami secara penuh mulai dari Pengertian Java hingga struktur bahasanya. Hal ini memudahkan kalian untuk mempelajari dan memahami Java lebih jauh. Seringlah bertanya kepada forum mengenai masalah yang Kalian hadapi untuk mendapatkan sintaks-sintaks yang bisa kalian olah sendiri.

Sekian


Thanks For Visiting ^_^
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Java Serta Kelebihan dan Kekurangannya Sebagai Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara ramah dan bijak.. ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel