Memahami MySQL Melalui Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Penggunaan MySQL
Memahami MySQL Melalui Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Penggunaan MySQL

Dalam dunia database, terutama manajemen database, saat ini banyak digunakan program berupa perintah dasar jenis Structured Query Language atau yang dikenal dengan MySQL. Pengertian MySQL sendiri adalah manajemen database yang terintegrasi dengan berbagai pengguna dan alur komunikasi lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia.

MySQL merupakan manajemen database yang sifatnya open source (dapat digunakan siapa saja) dengan lisensi Free Software dan Shareware. Perbedaan kedua lisensi ini adalah dalam bentuk cakupan pengguna perangkat lunak berbasis MySQL. Pada shareware, pengguna perangkat lunak MySQL jumlahnya terbatas dan dalam bentuk sebuah kelompok.

Sejarah MySQL

MySQL pada mulanya berawal dari program UNIREG yang dipegang oleh perusahaan TcX yang berkolaborasi dengan Michael Monty Widenius. Kolaborasi ini menghasilkan output berupa program UNIREG, namun penggunaan UNIREG tidak kompatibel dengan database website yang sangat dinamis. Atas dasar hal tersebut, TcX mencari manajemen database lain sebagai alternatif.

Dalam proses pencarian tersebut, TcX berhasil menemukan sebuah bentuk mini dari MySQL yang disebut dengan miniSQL atau mSQL. Bentuk mSQL yang tidak menggunakan indexing, ternyata tidak dapat memenuhi kebutuhan TcX, sehingga dicari solusi lain atas permasalahan ini. Kemudian, dilakukan kolaborasi antara UNIREG, mSQL, dan TcX untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pada tahun 1195, kerja keras kolaborasi ini menghasilkan sebuah sistem baru yang lebih baik dari mSQL yaitu MySQL yang hingga saat ini digunakan oleh banyak pengguna. Untuk terus memenuhi kebutuhan akan manajemen database yang lebih baik, saat ini Oracle sebagai perusahaan yang menjadi pengembang dari perangkat lunak MySQL.

Kenapa Harus MySQL?

Dibandingkan dengan manajemen database lain, MySQL memiliki beberapa kelebihan terutama perihal integrasi dengan bahasa pemrograman lain. Meskipun dapat terintegrasi dengan bahasa pemrograman lain, ternyata MySQL juga memiliki kekurangan yaitu turunnya performa MySQL jika berhadapan dengan database yang cukup besar.

Kelebihan MySQL

1. Integrasi Bahasa Pemrograman Komputer

Saat ini, banyak berkembang bahasa pemrograman komputer yang memiliki struktur berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan MySQL, Maka kalian memberikan kemudahan dalam pekerjaan kalian, karena MySQL dapat dengan mudah berintegrasi dengan berbagai jenis bahasa pemrograman.

2. Multi User

Salah satu poin penting dalam membahas soal database adalah kemudahan akses. Dengan menggunakan MySQL, kalian tidak perlu khawatir jika tanpa sengaja program ini berhenti atau bahkan not responding. MySQL dapat dibuka dalam waktu yang bersaman sehingga tim yang bekerja dapat saling berkoordinasi tanpa harus menunggu divisi lain untuk bergerak.

3. Kapasitas Server yang Kecil

Berbeda dengan beberapa server online lainnya, kapasitas server untuk MySQL tergolong kecil. Dengan kapasitas 1 GB pada website kalian, MySQL dapat kalian gunakan sehingga tidak perlu khawatir untuk menambah kapasitas website.

4. Open Source

Salah satu keunggulan MySQL adalah bentuknya yang open source. Setiap orang dapat mengunduh perangkat lunak ini tanpa membayar untuk lisensinya. Ditambah lagi dengan pengelolaan dan pengembangan MySQL dilakukan oleh Oracle sehingga membuat performa MySQL semakin baik dan lebih efektif.

5. Fleksibel

Jika kita berbicara mengenai struktur program database, maka MySQL tergolong paling fleksibel. MySQL  memiliki struktur tabel pada database ini sangat mudah dipakai. Berbeda dengan database lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL jauh lebih mudah dibandingkan dua database lainnya.

6. Aman

Meskipun tergolong gratis, MySQL memiliki keamanan yang sangat baik. Berbeda dengan kebanyakan open source yang cenderung buruk dalam keamanannya, MySQL malah sebaliknya. Kita dapat melakukan enkripsi serta pengaturan hak akses sehingga tidak semua orang dapat mengakses titik-titik tertentu dalam server MySQL.

7. Berbagai Macam Variasi Data

Dalam penggunaan database, semakin banyak data yang bisa digunakan akan menambah kekuatan MySQL. Sama seperti Excel, MySQL mendukung beberapa data seperti float, date, integer, text, char, timestamp, double, dan sejenisnya. Sehingga kalian akan lebih mudah dalam mengelola dan mengatur formula yang berlaku di MySQL.


Kekurangan MySQL

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun MySQL juga memiliki kekurangan terutama soal pengelolaan dan teknikal support. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki MySQL sebagai bahan pertimbangan kedepan bagi kalian.

1. Pengelolaan Database Besar yang Kurang

Salah satu kelemahan MySQL adalah kurang optimalnya dalam mengelola database yang besar. Jika kalian berencana untuk membuat database yang cukup besar, maka MySQL tidak cocok untuk kalian. MySQL diciptakan khusus untuk pengguna dengan spesifikasi rendah dan memiliki keterbatasan fitur.

2. Technical Support Tidak Baik

MySQL tergolong sebagai perangkat lunak open source yang menyebabkan technical support untuk troubleshooting tidak memiliki pedoman yang jelas. Siapa saja dapat melakukan troubleshooting dengan cara mereka sendiri. Sehingga, setiap troubleshooting tidak dapat disamakan proses penanganannya.

3. Tidak Cocok untuk Game dan Mobile

Apakah kalian berencana untuk membuat game ataupun aplikasi mobile, maka MySQL bukanlah pilihan yang tepat. Keterbatasan database MySQL tidak cocok untuk kapasitas database game atau aplikasi mobile yang cukup besar. Selain itu, jarangnya para pengguna yang menerapkan MySQL di game dan aplikasi mobile.

Cara Penggunaan MySQL

Jika kalian berencana untuk mempelajari MySQL, ada baiknya jika kalian memperhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian MySQL, bahasa pemrograman yang digunakan adalah SQL. Sehingga kalian harus memahami dasar-dasar SQL sebelum masuk ke dalam MySQL.

SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menghapus database, membuat database, dan mengganti field pada database. Fungsi tersebut dirumuskan dalam bentuk Data Definition Language (DLL), Data Manipulation Language (DML), dan Data Control Language (DCL).

Setelah kalian memahami bahasa SQL beserta dengan 3 bentuknya, maka kalian dapat menggunakan MySQL. Langkah pertama untuk menggunakan perangkat lunak ini adalah melakukan instalasi MySQL server di laptop atau PC kalian. Instalasi MySQL dimulai dengan mengunduh file instalasi XAMPP. Setelah selesai mengundah, silahkan eksekusi file untuk memulai proses instalasi XAMPP.

Setelah instalasi XAMPP selesai, kalian dapat memulai dengan cara mengklik “start” pada modul Apache dan MySQL. Pada step ini, server MySQL telah teraktifasi dan berjalan. kalian dapat menggunakan perintah SQL untuk mengatur bentuk database kalian. Untuk menjalankan beberapa fitur MySQL, kalian dapat menggunakan command prompt atau CMD.

Dikarenakan MySQL merupakan sistem manajemen database yang ketat, maka kalian harus mengatur kata sandi untuk masuk ke dalam server MySQL. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko tercurinya data oleh pihak luar. Selain masuk, kalian juga dapat keluar dari server MySQL dengan cara menulis kata “quit” atau “\q”.

MySQL merupakan sistem manajemen database yang cukup mudah digunakan dan sangat mendukung aksi yang bersifat multi user. Dengan berbagai pengertian MySQL, membuat perangkat lunak ini memiliki banyak fungsi yang bisa kita gunakan nantinya. Jangan lupa untuk pelajari SQL agar memudahkan kalian dalam menggunakan MySQL.

Sekian.

Thanks For Visiting ^_^
Show comments
Hide comments

0 Response to "Memahami MySQL Melalui Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Penggunaan MySQL"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara ramah dan bijak.. ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel