Contoh Sequence Diagram ATM Bank dan Penjelasan
Contoh Sequence Diagram ATM Bank dan Penjelasan

sequence diagram, masbilly,
 Halo sob pada kali ini saya ingin memposting sebuah artikel hasil dari tugas kuliah saya yaitu tentang pembuatan sequence diagram.

Apa itu sequence diagram ?, sequence diagram merupakan sebuah diagram yang menggambarkan interaksi antar objek dan memberi simbol petunjuk komunikasi diantara objek - objek tersebut.

Sequence diagram juga merupakan salah satu bagian dari UML (Unified Modeling Language) diagram, yaitu sebuah bahasa standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan dan membangun sistem perangkat lunak.

Fungsi dari penggunaan sequence diagram adalah sebagai berikut :
  • Menjadi suatu langkah untuk mengkomunikasikan sebuah requirement atau kebutuhan kepada tim teknis, karena diagram ini sangat mudah untuk diimplementasikan dan dibaca.
  • Salah satu diagram yang sangat cocok untuk mengembangkan sebuah diagram use case menjadi sebuah spesifikasi design.
  • Berfungsi untuk memodelkan logika dari sebuah service.

Berikut ini adalah salah satu contoh dari sequence diagram tentang ATM Bank 

sequence diagram, atm bank, masbilly,

Pada contoh diagram sequence diatas dapat dijelaskan bahwa :

#Pertama
Actor atau nasabah memasukan kartu ke dalam mesin ATM

#Kedua
Setelah kartu dimasukan lalu kemudian mesin ATM akan memverifikasi kartu tersebut ke Server Bank apakah kartu valid atau tidak valid, jika valid maka Server Bank akan memberi nilai kembali (Kartu OK) ke Mesin ATM kemudian mesin ATM akan meminta PIN dari kartu tersebut.

Tapi jika kartu tidak valid maka Server Bank akan memberi nilai kembali (Kartu tidak valid) ke Mesin ATM kemudian mesin ATM akan mengeluarkan kartu tersebut.

#Ketiga
Fase selanjutnya nasabah akan memasukan PIN kartu tersebut lalu akan di verifikasi kembali ke Server Bank, jika PIN valid maka Server Bank akan memberi nilai kembali (PIN OK) ke Mesin ATM kemudian mesin ATM akan meminta berapa jumlah permintaan penarikan uang.

Tapi jika PIN tidak valid maka Server Bank akan memberi nilai kembali (PIN Invalid) ke Mesin ATM kemudian mesin ATM akan mengeluarkan kartu tersebut.

#Keempat
Selanjutnya nasabah akan memasukan jumlah permintaan penarikan dana, lalu memulai transaksi ke Server Bank dan kemudian akan dilakukan pengecekan pada Rekening Bank apakah saldo nya cukup atau memadai untuk diambil.

Jika saldo direkening cukup maka Bank Account akan memberi nilai kembali ke Bank Server lalu Bank Server akan meminta kembali ke Bank Account jumlah penarikannya, lalu Bank Account akan memberi nilai kembali Penarikan Sukses ke Server Bank, kemudian server bank akan memberi nilai kembali Transaksi sukses kepada Mesin ATM dan mesin ATM akan mengeluarkan uang tunai sesuai permintaan nasabah.

Tapi jika saldo di rekening bank tidak cukup maka Bank Account akan memberi nilai kembali (Saldo Tidak Cukup) ke server bank lalu server bank memberi nilai kembali ke mesin atm dan kemudian mesin ATM akan mengeluarkan kartu.

Proses selesai.

Demikian pembahasan mengenai sequence diagram, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih mengetahui apa itu sequence diagram.

Sekian, semoga bermanfaat.



Thanks For Visiting ^_^
Show comments
Hide comments

0 Response to "Contoh Sequence Diagram ATM Bank dan Penjelasan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara ramah dan bijak.. ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel